Teknologi

Printer Inkjet dan Laser, Apa Sih Bedanya?

apa-sih-bedanya-1

Di zaman serba digital, kebutuhan akan teknologi semakin banyak jenisnya, dan salah satunya adalah printer. Printer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak teks, gambar, foto dan lain –lain ke dalam media kertas. Ada berbagai macam jenis printer yang ada di pasaran saat ini, dan itu semua memiliki fungsi dan perbedaannya masing-masing. Kamu bisa membacanya di sini untuk mengetahuinya.

Jika dulu printer biasanya digunakan oleh para pekerja kantoran, lain halnya dengan zaman sekarang, karena orang yang tinggal di rumah, atau bahkan mahasiswa yang tinggal di kos-kosan juga sudah menjadikan printer sebagai perangkat yang memang cukup penting keberadaanya. Dari sekian banyak jenis printer yang beredar, harus diketahui bahwa ada 2 jenis printer yang saat ini sedang marak digunakan, yaitu: printer inkjet dan printer laser.

Lalu apakah yang membedakan kedua jenis printer ini? Berikut adalah ulasannya:

1.  System

system.jpg

Para printer inkjet, system yang digunakan adalah mencetak tulisan, atau foto dengan cara disemprotkan melalui lubang-lubang yang disebut nozzle. Sedangkan printer laser jet menggunakan system yang hampir mirip dengan mesin fotocopy, yaitu dengan memakai system inframerah atau sinar laser.

2.  Tinta

tinta.png

Perbedaan yang paling mencolok antara printer inkjet dan laser adalah mengenai tintanya. Karena printer inkjet, layaknya printer pada umumnya, menggunakan tinta yang cair. Namun printer laser jet, menggunakan tinta serbuk atau biasa disebut toner.

3.  Bentuk Fisik

printer.jpg

Dilihat dari ukurannya, printer inkjet sedikit lebih compact dan simple daripada printer laser jet, karena itu tidak begitu banyak orang yang memakai printer jenis laser di rumah, karena sangat memakan tempat.

4.  Kinerja dan Hasil Cetak

kualitas.jpg

Karena penggunaan tinta dengan jenis yang cair, printer inkjet cenderung membutuhkan waktu yang lama untuk mencetak, layaknya printer normal lainnya. Tapi lain halnya dengan printer laser, karena tintanya berbentuk toner, otomatis akan cepat kering dan tidak mudah luntur. Begitupun dengan hasil cetak, karena menggunakan tinta serbuk yang kering, memungkinkan hasil cetak printer laser jet menjadi lebih halus dan baik daripada printer inkjet.

5.  Harga

harga.JPG

Karena sistem, serta komponen yang digunakan lebih canggih, harga dari printer jenis laser lebih mahal ketimbang printer inkjet, untuk itulah, biasanya, yang menggunakan printer jenis laser adalah perusahaan.

Itulah 5 perbedaan mencolok antara printer inkjet and laser, sejatinya setiap printer tentu memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing namun jika ingin mencari printer yang sesuai, cobalah saran dari salah satu IT Operation Manager dari AGM Tech yang mengatakan “Selalu sesuaikanlah kebutuhan dan budget dalam memilih printer, terlepas apapun itu jenisnya”. Bisa disimpulkan bahwa setiap orang harus mengetahui dan mengingat tujuan yang mereka mau ketika membeli printer itu digunakan untuk apa sehingga hal tersebut membantu untuk tidak salah memilih barang dan bisa menghemat pengeluaran.

Bagaimana, setelah membaca artikel ini, Kamu sudah tidak perlu bingung lagi bukan untuk membeli printer jenis apa?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lagi Trend

To Top