Code

Mengenal apa itu HTML, dan Cara Penggunaannya

html
Kupas tuntas semua seluk-beluk HTML dari sini.

Halo WikiTers, Ini adalah Artikel pertama dari Admin, Admin akan membahas tentang apa itu HTML dan cara penggunaannya, HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language jadi HTML itu bukan bahasa pemrograman loh! lalu apa? HTML adalah bahasa markup seperti kepanjangannya, HTML juga biasanya digunakan untuk membuat website, Termasuk WikiTerminal juga terbuat dari kumupalan Tag dari HTML loh..

HTML ini sudah sangat lama loh, namun pengembangannya sangat cepat!, seperti yang kita ketahui teknologi semakin maju, membuat kita semankin dipermudah. Lanjutan dari HTML mari kita lanjutkan…

 

Mengenal apa itu HTML, dan Cara Penggunaannya

Apa Itu HTML Sebenarnya?

Seperti yang kita bahas pada cuplikan di atas, apa itu HTML? HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language yaitu merupakan bahasa markup yang paling sering digunakan. HTML digunakan untuk penyampaian Informasi kepada Browser yang lalu di render dan di tampilkan ke layar, seperti yang kalian lihat pada tulisan ini.

HTML medeskripsikan structur dari sebuah website yang bernama Element dan Tag yang mengapit konten atau teks di dalamnya.

html info

Kita coba jabarkan dan menengali Arti dari setiap Kata pada kepanjangan HTML ini :

  • Hyper Text Adalah Teks aktif, dimana jika kalian klik akan mengakses atau menjutu ke halaman yang ditentukan, yang merupakan salah satu teknologi dari HTML ini, secara tidak langsung kalian menikmati manfaat teknologi ini, sebagai contoh kalian sebelumnya menemukan artikel ini dari facebook lalu kalian klik dan menuju ke halaman ini. Jadi Teknologi ini membuat kalian terhubung dari halaman satu ke halaman lain.
  • Markup Adalah kumpulan Tag-tag dimana berfungsi untuk formating atau mengatur structur dari halaman dokumen yang dibuat dari HTML. Tag pada html ini memiliki Tag Opening ( Tag Pembuka ) dan Tag Closing ( Tag Penutup ) sebagai contoh <p>paragraph</p> namun HTML juga memiliki type lain yaitu Single Tag dimana kalian tidak memerlukan Tag baru untuk menutupnya, sebagai contoh <br/>. kemampuan ini membuat HTML dapat mengatur Layout dari halaman sebuah website.
  • Language Adalah HTML itu sendiri, dimana setiap Pemrograman atau suatu program yang di buat dengan structur yang berbeda-beda memiliki nama bahasa sendiri termasik HTML ini. HTML adalah bahasa berbasis Markup yang dimengerti oleh browser.

HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman pada umumnya, seperti Java, C, C++, visual basic dan sejenisnya, melainkan bahasa markup / markah yang ditulis dengan perintah tag-tag atau element yang menaungi (mengapit) konten didalamnya yang akan ditampilkan pada sebuah halaman web oleh browser atau HTML interpreter (penerjemah HTML) lainnya.

 

Sejarah HTML

Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet.Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN. Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar “beberapa dari banyak daerah yang menggunakan hypertext” dan pertama-tama menempatkan sebuah ensiklopedia.

Penjelasan pertama yang dibagi untuk umum dari HTML adalah sebuah dokumen yang disebut “Tanda HTML”, pertama kali disebutkan di Internet oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991. Tanda ini menggambarkan 18 elemen awal mula, versi sederhana dari HTML. Kecuali untuk tag hyperlink, yang sangat dipengaruhi oleh SGMLguid, in-house Standard Generalized Markup Language (SGML) berbasis format dokumen di CERN. Sebelas elemen ini masih ada di HTML 4.

HTML adalah bahasa markah yang digunakan peramban untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar dan bahan lainnya ke dalam halaman web secara visual maupun suara. Karakteristik dasar untuk setiap item dari markah HTML didefinisikan di dalam peramban, dan karakteristik ini dapat diubah atau ditingkatkan dengan menggunakan tambahan halaman web desainer CSS. Banyak elemen teks ditemukan di laporan teknis ISO pada tahun 1988 TR 9537 Teknik untuk menggunakan SGML, yang pada gilirannya meliputi fitur bahasa format teks awal seperti yang digunakan oleh komandan RUNOFF dikembangkan pada awal 1960-an untuk sistem operasi: perintah-perintah format ini berasal dari perintah yang digunakan oleh pengetik untuk memformat dokumen CTSS secara manual. Namun, konsep SGML dari markah umum didasarkan pada unsur-unsur daripada hanya efek cetak, dengan pemisahan struktur dan markah juga; HTML telah semakin bergerak ke arah ini dengan CSS.

SEJARAH VERSI HTML

24 November 1995
HTML 2.0 dipublikasikan sebagai IETF RFC 1866. Penambahan RFC memperbanyak kemampuan untuk:

  • November 25, 1995: RFC 1867 (mengunggah file berdasarkan bentuk)
  • May 1996: RFC 1942 (tabel)
  • August 1996: RFC 1980 (peta gambar berbasis klien)
  • January 1997: RFC 2070 (internasionalisasi)

 

14 Januari 1997
HTML 3.2 dipublikasikan sebagai Konsorsium World Wide Web. Versi ini merupakan versi pertama yang dikembangkan dan distandarisasi secara khusus oleh Konsorsium World Wide Web, sebagaimana IETF sudah menutup kelompok kerja HTMLnya pada 12 September, 1996.
Pada awalnya disebut “Wilbur”, HTML 3.2 menghilangkan rumus matematika sama sekali yang sedang berkonsiliasi atas kasus tumpang tindih antara berbagai kepemilikan dan mengadopsi sebagian besar tanda markah visual dari Netscape. Elemen kedip dari Netscape dan elemen marquee besutan Microsoft dihilangkan karena kesepakatan bersama antara kedua perusahaan. Sebuah markup untuk rumus matematika serupa dengan yang ada dalam HTML tidak memiliki standar sampai 14 bulan kemudian di MathML.
18 December 1997
HTML 4.0 telah diumumkan W3C sebagai Rekomendasi.

Selanjutnya :

  • HTML 2.0—(RFC 1866) disetujui sebagai standar 22 September 1995,
  • HTML 3.2—14 Januari 1996,
  • HTML 4.0—18 Desember 1997,
  • HTML 4.01 (minor fixes)—24 Desember 1999,
  • ISO/IEC 15445:2000 (“ISO HTML”, berdasar pada HTML 4.01 Strict)—15 Mei 2000.
  • HTML 5 (stabil) rekomendasi W3C—28 Oktober 2014.

Kegunaan HTML buat apa sih?

HTML berguna untuk menampilkan konten, menghubungkan (link) antar halaman, memberi struktur dan informasi terkait dengan sebuah halaman web. konten sebuah web tidak hanya terbatas pada teks saja, melainkan konten interaktif lainnya seperti video, audio, gambar dan animasi dapat disisipkan dan ditampilkan pada halaman web.

Istilah dan Element pada HTML apa saja?

Belum lengkat rasanya kita membahas tentang Apa itu HTML jika tidak tahu lebih dalam tentang Tag dari structur HTML ini.

Head

Dokumen HTML diapit oleh tag <HEAD></HEAD>. Di dalam bagian ini biasanya dimuat tag TITLE yang menampilkan judul halaman pada titlenya browser. Selain itu Bookmark juga menggunakan tag TITLE untuk memberi mark suatu web site. Browser menyimpan “title” sebagai bookmark dan juga untuk keperluan pencarian (searching) biasanya title digunakan sebagai keyword. Header juga memuat tag METAyang biasanya dapat digunakan untuk menentukan informasi tertentu mengenai dokumen HTML. Anda bisa menentukan author name, keywords, dan lainnya pada tag META.

Contoh:

Body

Bagian BODY, yang dinyatakan dengan tag <BODY>…</BODY>, merupakan tubuh atau isi dari dokumen HTML di mana anda meletakan informasi yang akan ditampilkan pada browser.

Tag

HTML tidak membedakan penggunaan huruf besar ataupun huruf kecil dari suatu elemen. Suatu elemen HTML terdiri dari tag-tag beserta teks yang ada dalam tag-tag tersebut. Tag ini dinyatakan dengan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>).

Tag biasanya merupakan suatu pasangan yang disebut dengan:

  • Tag awal, dinyatakan dalam bentuk <nama tag>
  • Tag akhir, dinyatakan dalam bentuk </nama tag>

Formatnya: <nama tag> teks yang ditampilkan </nama tag>.

Contoh: untuk menampilkan teks dalam format teks miring Teks ini terlihat miring di browser anda dengan perintah HTML <i>Teks ini terlihat miring di browser Anda</i>

Atribut

Tag awal bisa memiliki beberapa buah atribut yang menyatakan karakteristik dari tag tersebut. Misalnya, <P STYLE="text-align:left"> digunakan untuk membuat rata kiri suatu paragraf. Tag yang digunakan adalah <P> dan atribut yang menyertainya adalah STYLE dengan nilai “text-align:left”. Nilai atribut STYLE ditulis dalam bahasa CSS.

Cara penulisan HTML file

Penulisan atau cara membuat file HTML sangatlah mudah, anda tinggal menyimpan file dengan extensi html (.html) dengan begitu file tersebut sudah bisa dibilang dokumen HTML, browser dapat membaca file dengan extensi tersebut.

Namun anda perlu membuat Tag dan Element untuk mengatur dan struktur dari sebuah dokumen HTML sesuai setandar W3.org.

Contoh Standar HTML

 

 

Editor HTML Apa Saja?

Membicarakan soal Editor atau software yang dapat membuat file HTML ini sangat lah banyak, tidak usah pusing mau sekedar mencoba anda tidak perlu Download atau membeli software nya, anda cukup membuka :

  • Notepad – di Windows
  • Gedit – di Linux
  • Text Mate – di Mac

Untuk Urusan text editor anda bisa menggunakan yang mana saja, sesuai dengan kenyamanan anda.

Penutup

Kita sudah mempelajari apa itu Html dan cara penulisannya, dari mana HTML berhasal dari sejarah HTML, dan bagaimana membuat sebuah file HTML dan contoh syntax code html.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Referensi :

http://dul.web.id/belajar/apa-itu/arti/html-html5.php

https://id.wikipedia.org/wiki/HTML

6 Comments

6 Comments

  1. Ivan

    August 6, 2016 at 12:25 pm

    mantap gan!! ditunggu posting selanjutnya 🙂

  2. Pingback: Mendapat Uang Dengan Membaca Buku - Wiki Terminal

  3. Alisa

    October 19, 2016 at 8:38 am

    I was just looking at your Apa itu HTML? Mengenal lebih dalam dan cara penulisannya website and see that your website has the potential to become very popular. I just want to tell you, In case you don’t already know… There is a website network which already has more than 16 million users, and most of the users are interested in websites like yours. By getting your website on this network you have a chance to get your site more visitors than you can imagine. It is free to sign up and you can find out more about it here: http://s.beautheac.net/4p – Now, let me ask you… Do you need your website to be successful to maintain your business? Do you need targeted traffic who are interested in the services and products you offer? Are looking for exposure, to increase sales, and to quickly develop awareness for your site? If your answer is YES, you can achieve these things only if you get your site on the service I am describing. This traffic service advertises you to thousands, while also giving you a chance to test the network before paying anything. All the popular websites are using this network to boost their readership and ad revenue! Why aren’t you? And what is better than traffic? It’s recurring traffic! That’s how running a successful website works… Here’s to your success! Find out more here: http://acortarurl.es/15 – Unsubscribe here: http://lis.ovh/b2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lagi Trend

To Top